PEMILU Legislatif 2009

PEMILU Legislatif 2009

Tahun 2009 merupakan tahun yang dinanti-nanti oleh para politikus negeri ini. PEMILU yang PILU… mungkin itu kata-kata yang cukup menggambarkan suasana Pileg tahun ini.

Gue sebelumnya udah pernah menjadi panitia penyelenggara PEMILU tingkat UI untuk mendapatkan Ketua BEM UI, anggota DPM UI, dan MWA UI UM. Dan sungguh, beratnya luarrrr biasaaa!!! Banyak hal yang harus diperbaiki di sana sini. Mulai dari kesiapan panitia yang minim, distribusi logistik yang berburu-buru, sumber daya yang kurang, dan peraturan yang masih perlu diubah. Segitu aja masih tingkat universitas, repotnya minta ampun…. Gimana yang tingkat nasional?? Dari Sabang sampai Merauke… Parah banget dah!!!

Kisruh DPT.

Kertas suara yang salah alamat.

Pelanggaran di mana-mana.

Sampai ada BLACK CAMPAIGN di Facebook segala!! Haha…

Hanya sekadar berpendapat saja. Menurut gue, (walaupun partai pilihan gue diprediksi menang telak), kasus DPT ini memang penting sekali untuk segera diatasi. Seharusnya mulai dari tingkat TPS, atau di tingkat RT sudah diantisipasi dengan adanya daftar warga di daerah ini yang mempunyai hak pilih. Kan ada datanya toh di Kelurahan… Pas kita bikin KTP… Atau untuk yang belum dewasa tapi sudah menikah, kan RTnya juga pasti tau toh??? Bo’ ya dibenahi lagi DPTnya. Kalo ada beribu-ribu warga tidak masuk dalam DPT, padahal mereka berhak, itukan namanya sudah menghilangkan hak suara banyak orang. Dosa lohhh…. Kan katanya Golput itu haram…

Selain masalah DPT tadi, juga ada masalah kisruh di sana-sini, kecurangan di sana-sini… Gue agak ragu sih tentang hal itu, bisa jadi itu seperti upaya mencemaran nama suatu partai atau orang tertentu. Jadinya entar malah fitnah. Sama halnya kayak black campaign yang ada di dunia maya, kan susah untuk dibebankan ke pelanggaran PEMILU karena emang gak diatur secara pasti tentang media internet.

Apapun yang terjadi dalam pelaksanaan PEMILU Legislatif sekarang ini, banyak banget pelajaran yang harus kita perbaiki untuk pelaksanaan Pilpres bulan Juli entar. Dan pelajaran juga untuk yang menang, supaya bisa merealisasikan janji-janjinya. Pelajaran juga untuk yang kalah, supaya memiliki rasa legowo dan ikhlas terhadap hasil yang telah dicapai kali ini. Yang terakhir, semoga tetap waras!! Piss…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s