Ayo ke BANK!!!

Ayo ke BANK!!!

Kemaren baru aja gue ikutan kampanye edukasi perbankan tentang Kartu Pembayaran. Acaranya yang berdurasi sekitar 3 jam itu telah memberi gue gambaran yang cukup dan pengetahuan yang memadai mengenai kartu pembayaran yang diterbitkan oleh Bank-Bank Umum yang ada di Indonesia.

Jadi, ada 3 jenis kartu pembayaran, yaitu: Kartu Kredit, Kartu Debit, dan Kartu Pre-Paid. Apa sih bedanya ketiga jenis kartu tersebut??

1. Kartu Kredit

Sumber dananya dari penerbit kartu, dan kita akan membayar sejumlah uang pada tanggal jatuh tempo minimal 10% dari belanja kita dengan kartu tersebut. Jumlah nominal rupiah yang dapat kita pakai tergantung pada penerbitnya. Nah, biayanya banyak banget kalo kita pake kartu jenis ini, seperti iuran tahunan, biaya bunga (jika membayar tidak penuh), denda keterlambatan, biaya penggantian kartu, over limit, dan biaya permintaan bukti transaksi. Walaupun banyak sekali biaya-biaya yang harus ditanggung oleh penggunanya, credit card ini juga bisa bermanfaat untuk transaksi rutin bulanan (telepon, listrik, air, Hp), atau bila ada kebutuhan yang emergency atau mendadak. Gak ketinggalan prestige-nya kalo kita bisa punya kartu kredit.

2. Kartu Debit

sumber dananya dari kita (nasabah) sendiri, dari uang yang kita serorkan pada Bank dalam bentuk tabungan. Nah, pembayarannya tentu aja tinggal di-debit (dikurangi) dari saldo rekening tabungan kita. Jumlah yang bisa kita pergunakan tentu aja sejumlah saldo rekening yang kita punya. Biaya yang kita tanggung adalah biaya administrasi bulanan pada tabungan kita. Debit card ini selain bisa memudahkan kita untuk melakukan transaksi bulanan seperti bayar rekening telepon, listrik, air, atau pulsa Hp, juga lebih nyaman dan aman.

3. Kartu Pre-paid

Dana dari kartu ini bersumber dari nasabahnya, jumlah nominalnya maximal 1 juta rupiah. Nah, biayanya gak perlu kita tanggung karena kita sendiri yang sudah membayar kartu tersebut sebelum digunakan sejumlah nominal yang tertera dalam setiap kartu. Kartu pra-bayar ini bermanfaat untuk kita yang mau berhemat karena secara gak langsung pengeluaran kita dibatasi oleh nominal saldo kartu itu, dan tentu aja lebih nyaman dan aman digunakan ketimbang kita mesti bawa-bawa uang tunai kalo mau belanja apa-apa.

Nah, di akhir presentasi kampanye edukasi Kartu Pembayaran oleh Bapak Dodit dari Bank BCA itu, beliau menyampaikan kesimpulan dari ketiga kartu pembayaran itu, yaitu:

Kartu pre-paid dan debit sama dengan uang tunai! Harus dijaga dengan baik!

Kartu kredit bukanlah tambahan pendapatan!

Kartu kredit memiliki banyak manfaat bila digunakan dengan bijaksana!

“Belilah yang Anda butuhkan, bukan inginkan!”

Demikianlah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s