Arti Sebuah Kegagalan

Arti Sebuah Kegagalan

Tidak pernah ada kata “hitam” bila tidak ada kata “putih”.

Tidak akan pernah ada kata “bersih” bila tidak ada kata “kotor”.

Tidak pernah ada kata “benar” bila tidak ada kata “salah”.

Tidak akan pernah ada kata “sukses” bila tidak ada kata “gagal”.

Dan pernahkah kamu merasakan kegagalan??

Berulang kali, Gue gagal…

Ada 4 komponen yang menentukan keberhasilan seseorang dalam hidupnya, kata Ustadz Jeffry disingkat dengan DUIT. Doa-Usaha-Ikhitiar-Tawakal. Sehingga apabila ada di antara rencana atau harapan kita yang tidak tercapai dan tidak terlaksana, pasti ada salah satu atau bahkan lebih dari komponen DUIT itu yang kurang optimal dilakukan.

Saat gue hendak mengikuti ujian masuk STAN 2007, gue gagal. Padahal menurut gue usaha gue untuk mengikuti ujian itu luar biasa besar. Berdoa setiap hari dan terus mencoba untuk latihan soal, namun ternyata gue yang memang sudah diterima di salah satu PTN di daerah Depok, dinyatakan gagal. Nama gue gak ada di daftar nama yang berhasil lulus ujian masuknya.

Kegagalan berikutnya ada saat gue mencoba untuk mengikuti lomba mendesain untuk gadget. Gue juga udah berusaha luar biasa dengan mencari ilham gambar apa yang akan gue bikin. Setelah itu gue terus berdoa. Setelah Adzan sebelum iqamat gue memohon sama Allah agar gue dikasih yang terbaik. Ternyata yang terbaik bagi gue menurut Tuhan adalah dengan tidak memenangkan lomba itu. Padahal menggambar adalah salah satu hobi gue yang sangat menyenangkan.

Gue pun sudah mulai agak putus asa. Ketika gue gagal menjalankan amanat dalam satu kepanitiaan di kampus. Entahlah, yang jelas menurut atasan gue, gue udah gagal dan agak ada usahanya sama sekali. Padahal kalau aja dia tau, gue juga udah cukup berusaha dan rela menghabiskan sebagian uang saku gue untuk beli pulsa telepon yang gue pake menelepon calon target gue.

Rupanya kegagalan gue di saat pertama menimba pengalaman kepanitiaan di kampus seperti memiliki efek domino dalam usaha gue selanjutnya. Gue gagal diterima di organisasi kemahasiswaan dan himpunan jurusan. Hebat banget, there was no chance for me to improve my ability.

Bertubi-tubi kegagalan yang ada dalam hidup awal gue di Kampus, untungnya dapat terhentikan juga. Gue dipercaya untuk menjadi wakil kepala departemen di organisasi kemahasiswaan di kampus. Luar biasa banget, temen gue yang udah mau mempercayakan amanah itu untuk dilaksanakan oleh gue. Dan kali ini, gue gak mau gagal!

Hingga akhirnya gue bener-bener bisa merasakan kesukseskan ketika gue bener-bener sempet jatuh dalam kegagalan. Karena menurut gue, kita gak akan pernah tau bagaimana rasanya bangkit bila tidak jatuh terlebih dahulu.

DUIT manusia rupanya tidak akan pernah menjadi sempurna tanpa ada keikhlasan dalam niatnya.

One thought on “Arti Sebuah Kegagalan

Leave a Reply

