It’s Time to Entry Data!!

It’s Time to Entry Data!!

Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa dalam organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa di kampus gue. Selain menginformasikan tentang beasiswa yang ditawarkan oleh beberapa yayasan atau perusahaan yang bekerja sama dengan Universitas, mengadvokasi fasilitas pendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa, juga mengadvokasi besaran Uang Pangkal dan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan yang setiap tahunnya dilaksanakan bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru di semester gasal perkuliahan.

Sudah 3 kali di tahun ini gue melaksanakan tugas pokok dept. Adkesma ini. Pertama disaat mahasiswa baru dari jalur SIMAK UI dan PPKB UI diterima. Ada sekitar 145 berkas yang mengajukan besaran BOP dan UP agar adil dan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Lalu pada saat mahasiswa baru dari jalur UMB diterima, untuk fakultas Ekonomi sendiri ada sekitar 30-an berkas yang masuk. Dan pada saat ini, hari ini juga gue akan mulai mengolah berkas-berkas pengajuan besaran UP dan BOP untuk mahasiswa baru dari jalur masuk SNMPTN 2009. Entah akan ada berapa jumlah berkas yang masuk, mungkin hanya 20-an karena mahasiswa yang daftar ulang kemarin dari jalur SNMPTN ini hanya 88 orang, dan saat diminta data umum mengenai mereka ketika daftar ulang, hanya sedikit yang akan mengajukan UP dan BOP bukan pada batas atas. Sepertinya, tugas pengolahan data mahasiswa baru terkait BOP dan UP ini tidak akan terlalu menyusahkan gue. Hehe… apalagi sedang liburan!

Oia, hanya sekedar menginformasikan saja, apa saja yang gue dan kawan-kawan Adkesma lakukan untuk memproses berkas pengajuan yang masuk ini. Proses pertama dinamakan “Entry Data”. Ya, sesuai dengan namanya, memasukkan data. Jadi berkas yang telah masuk ke Universitas akan diverifikasi oleh teman-teman dari Dept. Adkesma fakultas masing-masing, yang kemudian akan dimasukkan ke komputer dalam format microsoft excel. Dari poin-poin yang dibutuhkan untuk diisi itu maka akan ada formula yang menghasilkan besaran UP dan BOP yang kemudian akan direkomendasikan pada rapat penentuan besaran UP-BOP pada setiap fakultas.

Biasanya, proses advokasi ini berjalan lebih dari satu minggu. Entry datanya saja dapat memakan waktu lebih dari 3 hari. Dimulai dari pagi hari hingga sore hari yang lokasinya dipusatkan di Gedung Fasilkom. Proses selanjutnya dilaksanakan di fakultas masing-masing dengan adanya kerja sama antara Adkesma dan Mahalum atau Panitia penetapan UP dan BOP di fakultas tersebut.

Wahhh… luar biasa banget pengalaman gue yang satu ini! Sungguh luar biasa bisa membantu mahasiswa baru dalam masalah finansialnya, secara pas gue jadi maba juga mengajukan keringanan BOP dan UP. Hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s