Darah Muda Darah yang Berapi-api

Darah Muda Darah yang Berapi-api

Bang Haji Roma Irama, sang Raja Dangdut tanah air pernah bernyanyi dalam lagunya yang berbunyi:

Darah muda darahnya para remaja
Yang selalu merasa gagah
Tak pernah mau mengalah
Darah muda

Begitulah yang sedang terjadi pada skuad Der Panzer Jerman di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Para pemain senior yang pernah mengikuti ajang Piala Dunia lebih dari 2 kali hanya beberapa orang saja, seperti striker mereka Miroslav Klose yang berhasil mencetak gol ke-11-nya dalam ajang Piala Dunia sejak di Korea Selatan dan Jepang tahun 2002 silam. Selebihnya didominasi oleh para pemain muda yang berusia sekitar 21-26 tahun.

Bahkan setelah kehilangan Michael Ballack yang menderita cedera saat membela timnya yang sudah tidak memperpanjang kontraknya lagi, Chelsea dalam merebut FA Cup, ban kapten Timnas Jerman kini melekat pada lengan Philipp Lahm, yang lahir di Muenchen , 11 November 1983. Dan ia merupakan Kapten Termuda Der Panzer.

Pertandingan pertama babak penyisihan grup D Piala Dunia 2010 antara Jerman berhadapan dengan The Socceroos, Australia, membawa Jerman untuk sementara memimpin klasemen grup D. Dengan skor telak 4-0, Jerman pun hingga akhir pertandingan penyisihan grup G, merupakan tim yang paling produktif mencetak gol.

Empat gol yang masing-masingnya diciptakan pada menit ke-8 oleh Lukas Podolski, yang merupakan pemain muda terbaik di tahun 2006 silam di Jerman,   dan oleh Miroslav Klose di menit ke-26 babak pertama. Gol berikutnya tercipta di babak kedua, yaitu pada menit ke 68 oleh pemain muda Jerman yang sangat cemerlang di Bayern Muenchen musim lalu, yang baru berusia 21 tahun pada September tahun ini, yaitu Thomas Muller yang bermain sangat baik sekali sejak peluit kick off dibunyikan. Dan pemain pengganti, yaitu Cacau yang baru saja masuk menggantikan Klose, berhasil mencetak gol keempat bagi Jerman setelah mendapat assist bola yang sangat cantik dari Mesut Ozil.

Inilah darah muda yang mengalir deras di jantung timnas Jerman pada Piala dunia 2010. Para pemain muda dengan semangat yang membara dan kemampuan individu yang luar biasa, walaupun pengalaman dalam menghadapi tim-tim kelas Dunia masih minim, namun mereka berhasil menepis keraguan dunia akan bakat dan kemampuan yang dimilikinya saat beraksi di lapangan hijau.

Seharusnya kita sebagai generasi muda, mencontoh semangat dan daya juang para pemain muda timnas Jerman ini. Terus berpikiran positif dan memiliki tujuan dan target yang jelas. Selalu optimis, dan perbanyaklah melatih kemampuan diri sendiri.

Bang Roma benar, masa muda adalah masa yang berapi-api.

Dan kobarkanlah api tersebut dalam semangat yang positif!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s