From Zero to Hero

From Zero to Hero

Kejutan-kejutan yang terjadi di Afrika Selatan selama berlangsungnya gelaran akbar 4 tahunan FIFA World Cup, sungguh merupakan berita baru bagi dunia sepakbola.

Dimulai saat Spanyol yang harus tunduk 0-1 dari pesaing satu grupnya, Swiss. Lalu ada Perancis yang harus mengakui kehebatan Meksiko dan kebobolan 2 gol. Kemudian Inggris yang ditahan imbang 0-0 oleh Aljazair. Kejutan berikutnya datang dari penyisihan grup D, yaitu Jerman yang pada pertandingan pertama menang mutlak 4-0 dari Australia, namun dipertandingan keduanya saat berhadapan dengan Serbia, Jerman harus takluk 0-1 disertai dengan dikeluarkannya striker mereka, Miroslav Klose pada babak pertama oleh Wasit. Kejutan berikutnya datang dari Selandia Baru yang berhasil menahan gempuran tim Azzurri, Italia dengan skor 1-1.

Tim nasional dari negara-negara unggulan sepak bola harus benar-benar membuka matanya dan berhati-hati terhadap aksi tim kuda hitam di lapangan hijau.

Terbukti pada laga penentuan fase grup A, Perancis harus menderita kekalahan 1-2 dari tuan rumah, Afrika Selatan. Perancis pun harus rela menjadi juru kunci klasemen akhir grup A dengan hanya memperoleh 1 poin dari hasil seri 1-1 saat berhadapan dengan Uruguay.

Lawan Perancis pada partai Final Piala Dunia 2006 di Jerman, yaitu Italia juga harus menerima kenyataan pahit gagal lolos penyisihan grup F karena kalah dari Slovakia dengan skor tipis 3-2. Juara Dunia 4 kali itu, harus merelakan timnya pulang lebih awal.

Afrika telah menunjukkan pada dunia bahwa kemampuan timnas sepakbola suatu negara, yang tidak diunggulkan sekalipun telah dapat membuktikan kehebatannya dengan menahan imbang bahkan mengalahkan tim-tim besar unggulan tahun ini.

Daya juang mereka, rasa tidak ingin kalah mereka, dan semangat nasionalisme mereka yang kemudian mampu mewujudkannya.

Saya harap, timnas Indonesia dengan PSSI-nya dapat menggairahkan lagi semangat 45 pada jiwa-jiwa muda dan talenta-talenta muda pesepakbola nasional kita untuk terus maju dan menaklukan dunia. From zero to hero!

*Karena di Piala Dunia tahun ini Indonesia belum berhasil masuk, jadi saya tetap mendukung semangat gempur timnas Jerman!

One thought on “From Zero to Hero

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s