Timeline untuk Kejar Cita-cita Kuliah di Eropa!!!

Timeline untuk Kejar Cita-cita Kuliah di Eropa!!!

Hallo, semuanya!!!

Kali ini gue pengen banget sharing tentang cara untuk dapetin beasiswa kuliah di Eropa, khususnya adalah Perancis. Sesuai dengan impian gue. Sebenernya ide untuk ngelanjutin kuliah di luar negeri itu udah ada sejak gue duduk di bangku SMP dulu. Tapi sekarang gue bener-bener pengen berusaha untuk mewujudkannya jadi kenyataan.

Nah, gue kemudian coba tanya-tanya ke kakak kelas, yang kebetulan udah jadi alumni, dan beliau juga adalah asisten dosen untuk mata kuliah yang gue ambil semester lalu. Beliau juga berhasil untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri. Dengan beasiswa pula.

Jadi, sekarang gue pengen sedikit berbagi aja apa yang kakak baik hati ini beritahukan pada gue melalui email. Kali ini beliau baru berbagi tentang timeline-nya aja. Begini, nih isi email dari dia:

Kebetulan kalo elo tertarik eropa, kesempatannya banyak bgt. dibandingin kalo mau ke australia atau amerika. nanti deh gw ceritain gimana-gimananya, lumayan panjang soalnya.
Gw sendiri dapet beasiswa dari pemerintah prancis buat ngelanjutin sekolah di sorbonne, namanya Eiffel Scholarship. Kalo ke prancis, di Indonesia yang terkenal itu beasiswa BGF tapi nominal beasiswanya lebih kecil (750 euro) dibandingin eiffel yang 1181 euro.

gimana sih ngejar beasiswa? gw rasa langkahnya kurang lebih sama, nih gw kasih timelinenya biar bantu ngasih bayangan ke elo!

Juli – Agustus: lulus^^ cari kerjaan yang masih bisa sering bolos hehe. . .

September – Oktober : Bikin kopian ijazah / transkrip trus translate ke inggris yang banyak buat dikirim-kirimin. bikin motivation letter sama reference letter terus kopi yang banyak. Ikutan tes toefl, paper based oke tapi lebih mantap lagi kalo ibt/Ielts. Untungnya kalo di eropa ga perlu tinggi tinggi, paper based 550, iBT 80, IELTS 7 cukuplah! Cari-cari informasi sekolah yang mau dituju karena umumnya sebelum nyari beasiswa elo harus udah dapet sekolah dulu! tenang aja, dari pengalaman

November : daftar sekolahnya!!! Beberapa sekaligus juga boleh, tapi perhatiin apa form penddaftarannya bisa online atau dikirim via pos (ngirim ke Eropa bisa 300ribuan). Terus perhatiin juga apa ada application feenya, kalo ke sorbonne gratis tapi univ swasta di prancis biasanya nge-charge calon mahasiswa buat biaya pendaftaran 25-100 euro (tergantung univnya)

desember-januari: Nah biasanya bulan bulan ini banyak beasiswa buka pendaftaran. di siapin aplikasinya, trus dikirim yah! deadline boleh asal jangan sampe ga ke kirim gara gara misalnya surat motivasinya belom jadi!

Februari-april/mei: banyak banyak doa beasiswanya keterima

April/mei: Pengumuman deh,

Mei – agustus: siap siap, belajar bahasa belanja belanja, pamer pamer mau ke eropa, haha

Agustus / september: Berangkat ke Eropa

gitu aja yah dari gw, gw rasa udah cukup banyak membantu . . .

sebarin ke temen temen yang lain yah! dan yang penting, beasiswa ini butuh pengorbanan waktu plus uang plus perasaan buat ngejarnya! tapi gw rasa worth it kok, jadi tetep semangat yah! jangan patah semangat kalo sekali dua kali gagal

Salam

Zenathan Adnin

Begitulah teman-teman…

semoga bermanfaat ya!!

Dan kita saling mendoakan untuk kesuksesan kita bersama demi masa depan Indonesia yang lebih cerah!!!

One thought on “Timeline untuk Kejar Cita-cita Kuliah di Eropa!!!

Leave a Reply

