Jadwal Bentrok, Salah Gue???

Jadwal Bentrok, Salah Gue???

Saat ini gue sedang meratapi keadaan gue sendiri. Mungkin ada sedikit  rasa penyesalan terselip di dalamnya. Namun, yang gue pegang teguh saat ini adalah “Tuhan gak akan pernah membebankan cobaan berat yang tidak sesuai dengan kesanggupan hamba-Nya.”

Ada satu mata kuliah wajib departemen yang rencananya akan gue ambil di semester gasal 2010/2011 ini, yakni PRU. Pengambilan atau Pengelolaan Risiko Usaha gitu… Tapi ternyata jadwalnya itu bentrok dengan mata kuliah wajib lainnya yang harus gue ambil di semester 7 ini, yaitu PMKP. Penganggaran Modal Kerja Proyek, atau apa gitu kepanjangannya…

Kedua-duanya adalah mata kuliah wajib, namun berdasarkan katalog mata ajar untuk mahasiswa angkatan 2007 seperti gue ini, mata kuliah PRU seharusnya diambil di semester Gasal tetapnya di semester 5. Jadi, menurut katalog tersebut seharusnya angkatan 2007, pada semester Gasal 2009/2010 itu mengambil mata kuliah PRU ini. Namun, pada kenyataannya tidak ada satu pun mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut, alasannya karena KELAS TERSEBUT TIDAK DIBUKA pada semester Gasal 2009/2010 (atau semester 5 untuk angkatan 2007)!!!

Well, gue pun yang hanya mengambil 18 SKS pada semester tersebut, terpaksa tidak mengambil mata kuliah PRU tersebut. Padahal kalau saja kelas tersebut dibuka, mungkin gue bisa memenuhi jumlah maksimal SKS yang diambil per semester, yaitu 21 SKS.

Pada semester Genap tahun 2009/2010 rupanya kelaas PRU dibuka. Namun, gue tidak mengambilnya karena jadwalnya yang bentrok dengan mata kuliah SIMBIS yang wajib diambil oleh mahasiswa Manajemen konsentrasi Keuangan. gue pun lebih memilih mata kuliah SIMBIS atau Simulasi Bisnis karena materinya yang lebih menegangkan dari pada PRU. Bukannya gue menyepelekan mata kuliah PRU ketimbang yang lainnya, hanya saja gue merasa PRU masih bisa diambil di semester berikutnya.

Menjelang Semester Pendek 2009/2010 dibuka, ada pertemuan antara Departemen Manajemen dengan mahasiswa Manajemen angkatan 2007 dan 2008, mengenai sosialisasi kurikulum atau katalog mata ajar yang baru. Ada pembahasan mengenai mata kuliah PRU, yang dijadwalkan pada semester gasal semester 5, namun tidak dibuka ketika angkatan 2007 menyentuh semester 5. Kemudian, dalam pertemuan itu Bu Gita, sebagai Ketua Departemen Manajemen menjanjikan akan membuka mata kuliah PRU di semester Gasal 2010/2011 dengan mempertimbangkan jadwal mata kuliah yang wajib diambil pada semester 7 bagi angkatan 2007, dan mata kuliah yang wajib diambil pada semester 5 bagi angkatan 2008 bersama dengan Bapak Hafidz dari Biro Pendidikan FEUI agar tidak ada jadwal kuliah yang bentrok.

Gue pun yang merasa aman dengan janji tersebut, tidak mengambil mata kuliah PRU di semester Pendek yang sebenarnya dibuka.

Bagaikan debu yang tertiup angin, janji itu pun urung direalisasikan. Saat gue melihat jadwal Semester Gasal 2010/2011 melalui Siak-NG, kelas PRU memang dibuka, namun jadwalnya bentrok dengan mata kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa manajemen Keuangan angkatan 2007, tidak hanya itu jadwalnya pun rupanya bentrok dengan mata kuliah wajib yang dijadwalkan untuk diambil oleh mahasiswa semester 5 angkatan 2008.

What’s going on earth?? Sepertinya daya dan upaya mahasiswa seperti gue gak pernah dihargai.

Beberapa hari sebelum registrasi online Semester Pendek 2009/2010 ditutup, gue pergi ke Jurmen bertemu dengan mas Aji membahas masalah ini. Mas aji tidak bisa memberikan janji dan kepastian akan dibukanya mata kuliah PRU ini di semester Gasal 2010/2011 tanpa bentrok jadwal.

Okey, gue terima. Tapi kemudian gue datang lagi sebelum registrasi online Semester Gasal 2010/2011 dimulai, menemui Mas Aji. gue berharap bisa mendapat ketenangan. Setidaknya gak masalah kalau di semester 8 nanti mata kuliah itu dibuka.Tapi, mas Aji gak bisa memberi kepastian. Semuanya bergantung pada adanya pengajuan kelas oleh mahasiswa dan memenuhi kuota serta ketersediaan dosen.

Mas Aji bilang, kalau ada jadwal yang bentrok yah itu sudah jadi resiko mahasiswanya! Kenapa gak ambil di semester Genap kemarin? Dia tanya. Gue jawab, karena saya ambil Simbis yang jadwalnya sama. Kenapa gak diambil di SP? Padahal, SP itukan sifatnya gak wajib. Kata mas Aji lagi, padahal kalau mau mempercepat kelulusan kan, kita sudah memfasilitasi dengan adanya SP. Hei, gue gak berniat mempercepat kelulusan! Gue cuma mau kuliah tepat waktu! 4 tahun!

Di semester 7 nanti, gue harus mengumpulkan mahasiswa sebanyak-banyaknya yang ingin mengambil mata kuliah PRU di semester genap 2010/2011!! Gue harus bisa nunjukkin masa Mas Aji dan semuanya kalau gue juga bisa membuat Departemen Manajemen FEUI untuk membuka kelas PRU di semester genap 2010/2011. Semuanya demi cita-cita gue untuk bisa kuliah tepat waktu dan diwisuda Agustus tahun 2011!!

Karena tidak ada alasan untuk gue menunda kelulusan gue walau satu semester saja!!

Maaf, yah kalau bahasa dan isi di tulisan gue kali ini tentang kekecewaan dan mungkin ada sedikit keegoisan. Gue hanya ingin menulis dan bercerita aja… Seenggaknya, dengan begini beban yang gue rasa berat banget itubisa sedikit berkurang..

2 thoughts on “Jadwal Bentrok, Salah Gue???

  1. hehe… yg ngambil wajib sesuai panduan akademik aja ga dibantu.. apalagi mahasiswa yg coba2 loncat tanpa ikutin prasyarat? pasti makin ga dibantu. Padahal seharusnya sistem yg buatan manusia itu bisa dimodifikasi dan membantu mahasiswa.. tapi kenyataannya mahasiswa tetep jadi korban yg tidak bisa berbuat apa2 (walaupun sebenernya sudah berusaha).

    Semoga sebagai korban2 kita bisa lebih mawas diri ke depan agar kita bisa memperbaiki sistem yg lebih baik untuk siapapun yg menikmati sistim yg kita bangun. Bukan menjadi ajang dendam…hehe…

    1. Tapi syukurnya, waktu jadwal registrasi online dimulai, rupanya jadwal mata kuliah PRU sudah diganti, jadi gak bentrok dengan mata kuliah yang lain…

Leave a Reply

