Komitmen

Komitmen

Terkadang, kita sebagai manusia tidak mengetahui pasti mana yang baik atau sesuai untuk kita. Kadang kala, kita justru terlalu memaksakan diri atau kehendak, atau malah lebih memilih untuk tidak melangkah sama sekali dalam suatu perkara.

Gak ada yang salah dengan keadaan itu. Hal ini wajar dan sangat lumrah terjadi dalam kehidupan manusia. Karena dunia ini diciptakan penuh ketidaksempurnaan oleh Tuhan dengan cara yang sangat sempurna.

Imperfect market, suatu keadaan di mana informasi itu tidak tersebar, sehingga tidak semua pihak yang memerlukan informasi tersebut mendapatkannya. Itulah dunia. Kita tidak akan pernah tau informasi apa yang tersaji di masa depan. Apa saja akibatnya dan bagaimana kita bisa menghadapinya. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin untuk melakukan hal yang terbaik, no matter what’s the result, at least you have tried.

Suatu keputusan yang kita telah tetapkan, setidaknya menjadi cambuk untuk kita bisa berkomitmen di dalamnya. Keputusan yang terbaik, adalah keputusan yang mempertimbangkan kemampuan kita. Tapi terkadang manusia justru membatasi dirinya. Padahal kita sendiri tidak tau pasti kemampuan kita sebatas apa, tanpa kita mencobanya terlebih dahulu.

Saat gue memutuskan untuk berkomitmen dalam suatu pekerjaan, gue akan berusaha sebaik mungkin. Namun, komitmen juga sangat berkaitan dengan skala prioritas. Sebagai mahasiswa, gue masih harus mengutamakan kuliah gue dibanding apapun juga. Hingga akhirnya, gue harus menyudahi komitmen gue dalam satu pekerjaan. Dalam satu tugas.

Maaf, gue rasa ini adalah jalan yang terbaik untuk kita ke depannya. Meskipun kita gak akan pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan, tapi setidaknya gue sudah tau apa yang gue butuhkan saat ini, dan apa yang kalian butuhkan saat ini. Bukan gue. Gue bukanlah orang yang terbaik dan pantas untuk mendampingi kalian di tugas ini.

Maaf, bukannya gue menilai rendah komitmen gue terhadap tugas ini. Gue hanya takut kalau pada akhirnya harus mengecewakan kalian. Lebih baik meninggalkan kalian dalam keadaan di mana gue masih memberikan kesan baik, daripada harus tetap bertahan namun memberikan kesan yang buruk bagi mimpi-mimpi kalian.

Thanks for inviting me to join this group. I’m sure, that you’ll find out a better person than I am. Because my commitment is not to let you down.

2 thoughts on “Komitmen

Leave a Reply

