Kualifikasi Euro 2012: Belgia vs Jerman

Kualifikasi Euro 2012: Belgia vs Jerman

Bermain di hadapan publik Belgia, pada 4 September 2010 waktu Indonesia, tim asuhan Joachim Loew ini harus bekerja keras sekali untuk mencetak gol.

Setelah kick babak pertama terjadi, Jerman langsung menguasai bola. Beberapa kali Podolski dkk. membangun serangan dari sayap kiri, namun selalu saja terganjal dengan rapihnya permainan bertahan tuan rumah. Bahkan sepuluh menit pertama saja serangan balik dari Belgia cukup membahayakan sisi pertahanan Jerman.

Babak pertama berakhir tanpa gol. Pada babak pertama, gue tidak melihat Jerman sama sekali. Yang gue lihat adalah Ozil, Muller, Podolski, dan individu-individu lainnya. Tidak ada timnas Jerman. Beberapa kali serangan selalu dipatahkan.

Baru pada babak kedua, tepatnya di menit ke 51 (saat gue sedang ada di kamar mandi), gol tercipta pula! Karena kesalahan yang dilakukan oleh salah satu pemain Belgia yang bermain di Bayern Munchen, Buyten di kotak pertahanan Belgia, Schweinteiger pun berhasil merebut bola kemudian bolapun meluncur ke pada Muller, dan dengan penuh kerendahan hati, dia memberikan assist terciptanya gol bagi timnas Jerman melalui kaki Miroslav Klose.

Gol tunggal pun bertahan hingga peluit akhir pertandingan berakhir.

Pengalaman yang dialami oleh para pemain timnas Jerman selama beradaptasi dengan klub barunya di berbagai liga di Eropa, sedikit banyak memberikan pengaruh kepada keberlangsungan tim nasional.

Ozil dan Khedira tidak begitu bermain lepas, seperti saat di Piala Dunia 2010 lalu. Mungkin hal ini adalah pengaruh secara psikologis karena klubnya Real Madrid masih belum menemukan performa terbaik tim di La Liga Spanyol.

Satu hal penting dari suatu pertandingan, pengalaman, serta hal-hal apa saja yang telah dilalui para pemain di level klub, jadikanlah sebagai cambuk untuk bisa bermain apik membela negaranya. Karena jika para pemain dapat bermain baik di pertandingan internasional, maka klub akan mempertimbangkan keberadaannya di starting line-up. Begitu pula sebaliknya. Be professional!

4 thoughts on “Kualifikasi Euro 2012: Belgia vs Jerman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s