Kecamuk di Kota Pahlawan (part.2)

Kecamuk di Kota Pahlawan (part.2)

Kompetisi mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi atau disingkat TIK, memang menuntut para pesertanya untuk bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin guna memudahkan pekerjaan manusia agar lebih efisien.

Dengan memberanikan diri untuk hadir di Surabaya ini hanya berdua dalam satu tim di lomba Permainan Bisnis, gue dan Ricky yang kebetulan harus ditinggalkan oleh Mia karena dia ada tanggung jawab lain di Jakarta, merasa tidak akan menemukan masalah berarti dalam melaksanakan kompetisi nanti, hingga kami yakin akan mampu melangkah hingga ke babak grandfinal dan mempresentasikan program dalam format Microsoft Excel seperti apa yang kami pergunakan untuk bisa melangkah sejauh ini.

Dengan keyakinan yang membuncah, gue pun merasa sanggup, walaupun dalam hati, jelas rasa kehilangan akan peran Mia itu sangat terasa. Namun, gue merasa tenang karena program Excel yang telah kami buat sebelumnya sangat membantu kami dalam menentukan keputusan dalam mengerjakan kompetisi permainan bisnis ini.

Ternyata, pada tanggal 5 September 2010, yaitu saat technical meeting di kampus ITS Surabaya ada peraturan baru yang sama sekali diluar akal sehat seorang yang sanagt menghargai peran teknologi dalam hidupnya. Tim gue dan Ricky, kemudian tim dari fakultas teknik, yaitu Darus, Farid, dan Lukat, serta tim dari Fasilkom, yaitu Desta, Ivan, dan April serta beberapa lawan kami yang lain yangberada dalam ruang tersebut, dikejutkan dengan pernyataan panitia bahwa “Peserta dilarang membuka software lain selain laman Gemastik untuk businesss game”. Hal tersebut berarti kami tidak diperbolehkan untuk menggunakan program Excel yang telah dibuat dengan susah payah dan setengah mati itu begitu saja.

Apa yang disebut dengan TIK disini jika kompetisinya saja hanya memperbolehkan kami menggunakan kalkulator sebagai satu-satunya alat bantu kami dalam membuat keputusan bisnis, dalam hal ini keputusan produksi.

Apakah TIK di sini adalah Teknologi Informasi dengan Kalkulator??

Saat itu pula rasanya langit-langit ruangan tiba-tiba runtuh menimpa kepala gue dan lebih jauh lagi menghujam jantung hati dan perasaan gue. Saat itu juga, gue sempat gak yakin dengan kemampuan gue dan Ricky saja. Gue rindu Mia! If only she were here.

Tanggal 5 Oktober 2010 merupakan tanggal di mana ketidakefisienan hidup terjadi. Entah apa yang ada dalam pikiran panitia talkala menetapkan peraturan macam itu yang jelas-jelas bertentangan dengan tema acara mereka, yaitu “Peningkatan Kemandirian Bangsa Melalui Penguasaan T.I.K”. Apa yang mau ditingkatkan kalau peserta di sini justru harus mengerjakan sesuatu secara manual yang sudah tidak manusiawi lagi, padahal ada cara lain yang lebih efisien dan sangat manusiawi di jaman i-pad begini!

Ada satu hal yang sangat menggelitik, saat ada peserta yang bertanya, “Lalu di mana letak TIK-nya kalau ternyata kami tidak diperbolehkan menggunakan program yang membantu kami?” Kemudian si panitia itu pun menjawab, “Ya, di pertandingan yang secara online itulah!”

Well then, siapa yang membuat program online itu? Peserta? Bukan, kan??? Lalu apa yang mau ditingkatkan dari peserta dengan kemampuannya dalam menguasai teknologi?

Maaf sekali, posting ini isinya adalah kekecewaan gue yang mendalam terhadap kompetisi tentang simulasi permainan bisnis yang kali pertama gue lakukan ini.

Siapa manusia yang tidak kecewa, jika usahanya selama ini justru harus tidak dihargai secara sepihak oleh panitia dengan alasan “fairness” antar peserta. Padahal usaha ini adalah strategiĀ  yang bisa dilakukan oleh peserta untuk bisa memenangkan kompetisi, jadi wajar saja kalau strateginya berbeda antara satu perserta dengan peserta yang lainnya.

sekali lagi gue mohon maaf, ini semua adalah ungkapan kekecewaan gue pada buruknya sistem yang dimilki oleh suatu kepanitiaan untuk kompetisi yang skalanya nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s