TIGA hal yang TEGA

TIGA hal yang TEGA

Senin, Selasa, Rabu di pekan ini adalah masa-masa yang penuh perjuangan dalam kehidupan gue semester ini. Tidak lain, tidak bukan, tentu saja karena ada tiga mata kuliah yang harus gue jalani ujiannya.

UAS. Demikianlah orang-orang di kampus gue menyebut pekan yang mendebarkan ini.

Secara singkat gue akan menceritakan bagaimana berjalannya ujian gue ini.

Senin dijadwalkan ada UAS untuk mata kuliah Manajemen Treasuri. Mata kuliah pilihan untuk mahasiswa konsentrasi manajemen keuangan di kampus gue. Materi ujiannya adalah seputar keuangan internasional dalam bidang proses netting, tepatnya utang-piutang dalam suatu perusahaan MNC yang beroperasi di banyak negara dengan mata uang yang digunakannya berbeda-beda. Materi yang lainnya adalah seputar mata uang juga, spot rate, dan keuntungan atas investasi dan pinjaman dengan menggunakan mata uang asing. Materi yang lainnya adalah tentang durasi antara aset dengan utang, seberapa besar risiko yang ditanggung perusahaan. Materi yang lainnya, apa ya?? oiya, tentang derivative instrument! Terutama tentang interest rate swap! Dan gue gugup!

Kegugupan gue menjelang akhir-akhir waktu ujian, gue salah pakai data yang mesti gue itung! Alhasil penuh dengan coretan dan tulisan gue sudah mulai gak jelas di halaman-halaman belakang.

Mengingat nilai UTS gue untuk mata kuliah ini tidak begitu memuaskan, gue bener-bener usaha maksimal untuk UASnya. Hufffhhh, tapi teteap aja teledor!

UAS berikutnya adalah PMKP. Bahkan gue baru bener-bener hapal kepanjangannya itu apa! Penganggaran Modal dan Keuangan Proyek. Tapi belakangan gue tau lagi kalau P terakhir itu stands for Perusahaan. Karena kerjaannya adalah memvaluasi perusahaan terus!

UAS PMKP ini berjalan hanya 2,5 jam dengan menggunakan laptop, program excel adalah satu-satunya jendela yang dibuka di laptop tersebut. Cuma ada dua nomor. Nomor 2 bobotnya 30%. Nomor sisanya, bisa dihitung sendiri berapa bobotnya! Apa yang disediakan dari lembaran soal itu? Laporan laba-rugi dan Neraca Konsolidasi 2 perusahaan, yaitu Kimia Farma dan Indofarma. Kasusnya apa?? Ceritanya, Kimia Farma mau mengakuisisi Indofarma dengan motif sinergi perusahaan. Lalu apa yang gue kerjakan? Membuat valuasi masing-masing perusahaan dari laporan keuangan yang disediakan, lalu membuat asumsi-asumsinya sendiri! Luar biasa….

Awalnya gue ngerasa okey, nilai perusahaannya positif! Gue keluar ruang ujian dengan senang hati, tapi sesampainya di kosan, gue hanya bisa termenung dan menyesali ujian hari ini. Beberapa yang gue kerjakan adalah salah! Luar biasa…

Dan sulit rasanya untuk gue mengikhlaskan itu semua.

Jadwal di hari Rabu, yaitu hari ini adalah UAS untuk mata kuliah Manajemen Portofolio. Gue pikir sedikit aja materinya, gak taunya… -___-“””

Selesai dari PMKP di sore hari, gue niat sungguh-sungguh untuk menyelesaikan proposal bisnis Kewirausahaan yang deadlinenya adalah setelah gue ujian Portofolio. Gue pikir bisa selesai jam 7 malam, gak taunya jam 9 malem baru kelar! Ini semua gara-gara pikiran gue mentok pada dua ujian sebelumnya, yaitu Treasuri dan PMKP!

Jam sembilan lebih sedikit, gue baru buka-buka catetan dan buku Porto. Baca-baca, tulis-tulis, nyoba ngerjain soal… Sampai jam setengah 1 malem gue baru berani tidur. Berani tidur. Benar. Berani tidur, karena gue gak mau nyesel dengan membuang waktu gue sia-sia untuk hal-hal yang bisa dikerjakan di malam berikutnya, yaitu TIDUR. Belajarlah gue sampai jam setengah satuan dini hari itu.

Bangun jam setengah enam, lanjut lagi belajar Porto. Nilai UTS gue yang kurang maksimal lagi-lagi memaksa gue untuk mempush energi belajar gue di UAS ini.

Di ruang ujian: melihat soal, ngangguk-ngangguk, geleng-geleng, ketap-ketip, mencoba yakin menjawab dengan benar, dan ada kalanya menerka-nerka.

Itulah tiga hal yang sangat tega di tiga hari belakangan ini.

Itulah perjuangan, demi harapan dan cita-cita! Tiga hal yang tega itu harus bisa gue taklukkan!!!

Leave a Reply

