Kenapa Harus Manusianya?

Kenapa Harus Manusianya?

Penyerangan secara brutal dan membabi buta di Cikeusik, Banten kemarin itu merupakan bentuk ketidakcerdasan oknum-oknum yang mengatasnamakan iman.

Yah, mereka yang mengaku beriman pada Tuhan, memiliki agama yang benar, dan merasa paling benar, dengan tidak manusiawinya menganiaya, melakukan pengrusakan, pemukulan, pengroyokan, dan perbuatan liar tanpa akal lainnya hingga menewaskan tiga manusia ciptaan Tuhan.

Mereka yang mengaku imannya adalah yang paling benar itu, justru dengan tidak berimannya membantai orang-orang yang berseberangan paham dengan mereka.

Waktu gue SD dulu, pernah guru gue bercerita tentang Nabi Muhammad S.a.w, bahwa beliau tidak pernah membenci orang-orang yang setiap hari selalu memfitnahnya, selalu menghinanya, selalu membencinya. Karena Nabi mengetahui secara cerdas, bahwa orang-orang itu tetaplah manusia yang diciptakan Tuhan. Ya, manusia adalah ciptaan-Nya. Apa kita berhak untuk membenci ciptaan-Nya?

Hal yang dibenci Nabi adalah sifat orang-orang tersebut. Sifat dan sikap buruk mereka yang memang tidak pantas untuk disukai.

Gue pernah membaca buku tentang sepak bola karya Franklin Foer. Salah satu bagian yang paling gue suka dari buku itu adalah cerita tentang persaingan FC Barcelona dengan Real Madrid.

Pendukung kedua klub sepak bola asal Spanyol itu tentu saja saling bertentangan. Namun, yang menarik adalah sedemikian bencinya mereka pada Real Madrid, para pendukung Barca tidak merasa benci pada pendukung Real. Hooligan Barca jarang sekali menghajar pendukung Real. Kenapa? Karena mereka tidak membenci orang lain yang berseberangan dengan mereka. Namun, mereka geram atas sebuah gagasan tentang sentralisme Kastilia.

Sifat, sikap, gagasan, atau paham kepercayaan merupakan sesuatu yang abstrak. Dan sesuatu yang abstrak itu gak bisa dipukuli, ditendang, dibakar, atau dilembari batu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s