Apa Menariknya Jadi Ketua Umum PSSI?

Apa Menariknya Jadi Ketua Umum PSSI?

Para pendukung sepak bola negeri ini pasti sedang dihebohkan dengan hasil verifikasi calon Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) yang meloloskan Nurdin Halid (Ketua Umum yang sekarang menjabat) dan Nirwan Bakrie, dan mencoret Toisutta dan Arifin Panigoro dari daftar calon Ketua Umum PSSI 2011-2016.

Fair Play yang selalu menggema sepanjang pertandingan di rumput hijau, sepertinya tidak terjadi di sisi organisasinya. Persaingan untuk memperoleh jabatan “Ketua Umum PSSI” menjadi suatu hal yang mungkin jauh dari kata “Fair Play”.

Sebenernya, apa sih menariknya menjadi Ketua Umum PSSI?

Lupakan soal uang. Saya tidak akan berbicara mengenai uang dalam tulisan ini. Siapa di dunia ini yang tidak mengetahui adanya olah raga bernama “Sepak Bola”? Dari anak balita sampai kakek-kakek nenek-nenek juga pasti tau sepak bola. Dari masyarakat kelas bawah sampai pengusaha dan pejabat juga pasti tau sepak bola. Hanya saja pengetahuannya tentang sepak bola, seperti peraturan, dan istilah-istilah yang ada di rumput hijau, yang mereka belum tentu mengetahuinya secara jelas. Tapi tidak peduli, tau atau tidaknya mereka akan peraturan dan istilah-istilah itu, sepak bola tetaplah memikat perhatian mereka.

Sekarang perhatikan negara kita sendiri, Indonesia. Sebanyak 230 juta jiwa rakyat Indonesia, mayoritas di antaranya adalah pecinta sepak bola. Koran atau tabloid yang berisikan ulasan pertandingan olah raga yang satu ini laris manis terjual bagai kacang goreng. Hak siar pertandingan sepak bola dari liga-liga Eropa juga laris manis dibeli oleh stasiun TV swasta di negeri ini. Bahkan pertandingan antar klub sepak bola di Indonesia pun memiliki sambutan yang tidak kalah spektakulernya! Rasa-rasanya semua orang telah terhipnotis dengan si kulit bundar yang diperebutkan oleh 22 orang di lapangan hijau tersebut.

Seusai penyelenggaraan Piala AFF akhir tahun 2010 silam, kita bisa melihat betapa riuhnya suara pendukung tim Garuda, timnas kebanggaan negara Indonesia. Semua orang beramai-ramai mendukung timnas Indonesia yang selama bertahun-tahun belakangan ini minim prestasi.

Apabila timnas kita juara, siapa yang dipandang hebat? Para pemainnya, tentu saja. Pelatihnya, sudah tentu! Manajeman timnas, betul! Dan yang paling membusungkan dada lagi, adalah si Ketua Umum organisasi yang membawahi timnas itu sendiri, PSSI.

Siapa yang gak mau dipandang hebat dan berhasil menaikkan prestasi sepak bola bangsa? Saya pun mau tentu saja!

Dan bermula dari jabatan itulah, jabatan-jabatan menggiurkna lainnya akan tersedia dan terbuka luas di depan mata. Di sinilah unsur uang tidak boleh dilupakan.

Semakin meningkat pamor timnas, maka pertandingan liga di bawah binaan PSSI pun turut menjadi perhatian publik. Semakin banyak pula pundi-pundi yang dapat dinikmati. Dan semakin kencang juga angin yang bertiup.

2 thoughts on “Apa Menariknya Jadi Ketua Umum PSSI?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s