Bukan Sekedar Kata Biasa

Bukan Sekedar Kata Biasa

Sering kali gue mengucapkan kata “sukses, ya!” sebagai pesan untuk orang lain. Demikian juga gue sering mendengar kata tersebut meluncur dari mulut orang lain untuk gue. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, kata sukses berarti “beruntung; berhasil”. That’s it.

Jujur aja, awalnya gue merasa biasa aja dengan kata tersebut. Gak ada yang spesial dari pesan seseorang berbunyi “sukses, ya!” mungkin karena kata tersebut terlalu umum gue dengar. Bahkan kadang kita juga sering denger “Salam Sukses”. Jadi setiap kali mendengar atau membaca pesan yang mengandung kata tersebut, gue merasa kata-kata itu sudah lumrah, sudah umum, dan sudah menjadi hal yang sangat biasa saja disampaikan oleh orang lain.

Tapi, itu perasaan gue dulu…

Kini, gue sudah duduk di bangku kuliah tingkat akhir, sedang mengerjakan skripsi sebagai salah satu syarat untuk dapat gelar Sarjana Ekonomi. Gue merasa bahwa pesan orang lain yang mengandung kata sukses di dalamnya adalah sebuah doa dan harapan untuk gue bisa berhasil di kemudian hari.

Ya, harapan. Cita-cita. Impian. Doa. Itulah makna dari pesan singkat yang berisi “sukses, ya!” tersebut.

Gue pun kini mulai membayangkan, bagaimana nasib gue nanti. Jangankan setelah gue lulus, bagaimana nasib skripsi gue pun, tetap selalu ada dalam bayangan gue. Karena gue gak akan bisa lulus, kalau skripsi gue belum selesai juga.

Suatu ketika gue berpapasan dengan salah satu temen kampus gue, seusai gue ketemu dosen pembimbing skripsi, dia dengan semangatnya berkata, “Sukses ya, Ra!” Dan gue meresponnya dengan semangat pula. Amin. Ya, saat itulah gue merasa kalau kata “sukses, ya!” bukan hanya umum mengalir dari mulut seseorang, namun hal tersebut harus juga direspon dengan semangat yang tinggi untuk mewujudkannya. Karena setiap kata adalah doa. Setiap kata adalah harapan yang sayang untuk disia-siakan. Justru kata itulah yang harus kita buktikan. Karena hanya dengan begitulah, kita bisa mengerti apa makna di balik setiap kata dan pesan yang terucap.

Dan gue berharap, semakin banyak orang yang berpesan demikian pada gue, akan menjadi cambuk bagi gue untuk tambah bersemangat dalam mewujudkannya.

Kawan, sukses ya! :))

2 thoughts on “Bukan Sekedar Kata Biasa

  1. Sukses itu relatif.

    Sukses mempunyai arti yang banyak buat gw. Sukses ga cuma sekedar punya banyak uang banyak dan jadi orang kaya. Sukses itu ngelakuin sesuatu yang ga akan gw sesali sampe mati karena gw mengunakan waktu gw dengan baik untuk hal-hal yang berguna buat gw dan orang lain. Melakukan hal tersebut dengan perasaan bahagia dan semoga bisa membuat orang lain bahagia juga. I learned that feeding expectation is the mother of frustration. We are who we are and there is nothing to prove to anyone.

    Seriously for sure. Kita ga butuh orang lain untuk menyemangati, cuma butuh Tuhan. Toh, terkadang perhatian manusia menghanyutkan keikhlasan. Ya kalau ngerjain skripsinya dengan ikhlas, tanpa semangat orang lain pun bisa dilakukan dengan baik. Kita ini bukan paku yang harus digetok dulu baru mendem. Ga perlu ditampar dulu sama Tuhan baru nyadar.

    Skeptis banget ya gw kaya ga butuh orang lain. Ya, lagi-lagi sih ini preferensi gw. Ga butuh untuk diamini sama orang lain. Just share my humble sarcasm opinion.

    1. Hehhe..
      I know you so well ma.
      Tapi gue jg setuju sama pendapatan lu ini.
      makna sukses untuk setiap orang kan beda-beda. Dan membuat orang lain bahagia karena keberadaan kita juga menurut gue suatu keberhasilan kita sbg manusia.

      Soal yang gak butuh orang lain, gue setuju karena I create my reality. Tapi dgn adanya dukungan dari orang lain, itu bisa jd sumber motivasi buat gue juga ma untuk lebih baik ke depannya.
      hehe

      Thank you ya, Oma udah baca… dan mengkritik. hehe

Leave a Reply

