Pilih Mana?

Pilih Mana?

Hari ini gue nonton pertandingan sepak bola AFC Cup 2011 di TV antara Persipura (Indonesia) VS Chonburi FC (Thailand). Gue nonton ditemani oleh adek gue yang gemar sekali membela PERSIB Bandung. Buat adek gue yang satu ini, Persib is the best team ever! Sedangkan di mata gue, Persipura is better off.

Adek gue sendiri gak tau kalau AFC Cup adalah kompetisi tingkat Asia, di mana tahun ini Persipura, AREMA, dan Sriwijaya FC adalah wakil dari Indonesia. Dan dia tetap mengolok-olok Persipura dalam pertandingan ini, karena masih mengingat sakit hatinya karena tim kesayangannya harus ditahan imbang 2-2 oleh Persipura di Bandung.

Kemudian, gue mulai memberikan pencerahan pada adek gue ini, tentang apa itu AFC (Asian Football Confederation) Cup, dan bahwa Persipura adalah bagian dari Negara Indonesia, tempat adek gue sekarang berada. Dan sebagai warga negara Indonesia, kita harus mendukung tim sepak bola dari Indonesia, seperti Persipura ini, walaupun tim ini bukanlah tim kesayangan kita. Kemudian, adek gue perlahan mulai memahaminya, dia pun semangat mendukung Persipura, terutama saat Persipura unggul 2-0 di babak pertama melawan Chonburi FC.

Beberapa menit kemudian dia bertanya, “Kalau Jerman lawan Persipura, Mbak Ira dukung yang mana?”

Tanpa berpikir panjang, gue langsung jawab dengan yakinnya, “Ya, Jerman dong!”

Apa yang adek gue katakan selanjutnya?

“Yahhh, Persipura dong! Kan Indonesia! Harus didukung dong!”

Perasaan, tadi gue yang ngajarin dia untuk dukung tim sepak bola yang mewakili NKRI, deh walaupun itu bukan tim kesayangan kita. Ckck, sekarang malah gue yang kena boomerangnya.

Walaupun demikian gue malunya sama adek gue itu, gue seneng dia bisa mengerti kalau sekali Garuda tetap Garuda.

Leave a Reply

