Lagu Kita

Lagu Kita

Kemarin gue melakukan sesuatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan: menghapus beberapa lagu dari ponsel. Gak nyangka aja bakal sesulit itu.

Awalnya gue merasa sudah agak bosan dengan beberapa lagu yang ada di ponsel yang selalu menemani gue dalam perjalanan di kereta Bogor-Jakarta. Kemudian gue pun memutuskan untuk menghilangkan beberapa lagu tersebut. Mayoritas lagu yang akan gue hilangkan adalah dari Plain White T’s, salah satu group band favorit gue.

Ada 30 lebih lagu mereka yang gue simpan di ponsel kecil gue itu. Gue buka foldernya satu per satu, gue buka juga file lagunya satu per satu. Gue dengarkan perlahan. Akhirnya berhasil juga gue membuat jumlah lagu mereka kurang dari 30 lagu. Dan ini adalah beberapa lagu yang gue pertahankan:
1. All That We Needed
2. Anything
3. Breakdown
4. Hey There Delilah
5. My Only One
6. Big Bad World
7. I Really Want You
8. Meet Me In California
9. Rainy Day
10. Serious Mistake
11. Someday
12. Sunlight
13. That Girl
14. 1 2 3 4 (I Love You)
15. Come Back To Me
16. Figure It Out
17. Friends Don’t Let Friends Dial Drunk
18. Gimme A Chance
19. Making A Memory
20. Write You A Song
21. You and Me
22. Let Me Take You There
23. A Lonely September
24. Happy Someday
25. Radios In Heaven
26. Shine
27. Rhythm of Love
28. Welcome to Mystery

Gue suka dengan lagu-lagu mereka. Sebagai perempuan, tentu gue ingin mendengarkan ada laki-laki yang menyanyikan lirik lagu 1234 (I Love You). Atau waktu jalin pertemanan dengan seorang lawan jenis tiba-tiba kita suka dia seperti lirik lagunya A Lonely September yang I didn’t mean to fall in love, but I did, and you didn’t mean to love me back, but I know you did. Atau waktu gue lagi ngerasa sedih banget sampe rasanya cuaca juga demikian, dan lagu Rainy Day mampu mewakili perasaan gue saat itu. Saat kita ditinggalkan seseorang untuk selama-lamanya, Radios in Heaven menyuguhkan keinginan kita.

Soal nada, jangan ditanya. I love those songs! Lagu yang berjudul That Girl misalnya, dengan do-do-do, ba-ba-ba, oh-oh-oh, la-la-la nya yang sukses bikin gue senang kalau mendengarkannya.

Ada satu lagu yang gue baru bener-bener kena maksud liriknya apa, waktu gue mau hapus lagu itu, gue berusaha dengarkan baik-baik lagunya seperti apa. Dan niat gue untuk menghapus lagu itu akhirnya gue urungkan. Pesan dari lagu itu terlalu indah untuk diabaikan. Judulnya Shine. Yang menceritakan tentang seseorang yang punya masalah (Yes, we do have a problem in our life, or maybe more than one!), namun mereka menjelaskan melalui lagu tersebut bahwa lari dari masalah tidak akan pernah membuat semuanya menjadi lebih baik, justru akan membuat hari esok menjadi lebih sulit untuk dijalani daripada hari ini. Yang perlu kita lakukan adalah percaya pada diri kita sendiri, mengambil kesempatan yang ada dan yakin bahwa kita pantas mendapatkannya, dan jangan pernah sembunyikan potensi yang ada dalam diri kita. Let it shine.

Kalau dipikir-pikir, hebat juga ya penyair, musisi, pencipta lagu, yang sukses membuat kita merasa berharga dan dicintai di dunia ini. Dan adanya sebuah lagu yang mencerminkan diri kita, keadaan kita, persoalan yang kita hadapi, membuat gue semakin yakin, bahwa bukan gue satu-satu orang yang merasakan atau mengalami hal itu, walau mungkin kadarnya aja yang membedakannya pada setiap orang dan bagaimana sikap seseorang dalam menghadapinya.

Leave a Reply

