Penting Gak Penting

Penting Gak Penting

Suatu ketika ada seorang mahasiswa yang menangis karena nilai ujian semesternya dapat B-. Ada yang beranggapan kalau mahasiswa itu terlalu berlebihan. Berpendapat: “Terus gue harus koprol sambil bilang wow kalau lu dapet B- gitu? Gue aja yang dapet C msh untung bisa lulus!”

Padahal yang sebenarnya terjadi adalah jika dia mendapat B- maka nilainya tidak mencukupi untuk mempertahankan beasiswanya. Sehingga menurut mahasiswa itu, nilai B adalah nilai minimal yang sangat penting untuk dia capai.

Suatu ketika ada seorang mahasiswa yang kagum pada seorang mahasiswi. Siswa itu terlalu pemalu untuk menunjukkan rasa kagumnya itu di depan siswi. Teman-teman siswa lah yang kemudian berisik, selalu mengganggu siswi dan membicarakannya dengan siswa. Siswi pun naik pitam, gak terima lagi dibicarakan seperti itu. Siswi itu berkata: “penting banget sih ngomongin gue!”

Indeed, siswi itu memang penting dan berarti untuk siswa, sehingga akan selalu ada alasan untuk menjadikannya bahan perbincangan.

Suatu ketika ada penumpang ojek yang selalu mengeluhkan pekerjaan. Mengeluhkan penghasilannya yang dirasa tidak bisa mencukupinya. Tukang ojek itu kemudian mengajaknya bicara. Dia bercerita tentang anaknya yang hanya buruh pabrik, dengan penghasilan sekitar 2 juta rupiah sebulan. Dengan uang tersebut bisa mencukupi kehidupannya selama satu bulan, walaupun serba pas-pasan. Penumpang ojek menyadari bahwa dia sudah sepatutnya bersyukur dengan apa yang dia telah capai. Dengan apa yang dia telah hasilkan. Yang kemudian harus penumpang ojek itu lakukan adalah membuat dirinya merasa cukup dengan pemenuhan kebutuhannya setiap bulan. Untuk pemenuhan kemauannya dia nomor sekiankan.

Setiap orang punya masalahnya sendiri. Dia juga punya solusinya sendiri. Dia punya pandangannya sendiri mengenai penting atau tidaknya suatu hal. Dia punya pandangannya sendiri mengenai kebutuhan dan keinginan. Kita memang ga bisa memaksakan kehendak atau pendapat orang lain agar sesuai dengan pandangan kita.

Sesuatu yang orang lain anggap tidak penting, mungkin dapat menjadi sangat penting utk kita.
Sesuatu yang kita anggap tidak penting, mungkin justru menjadi sangat penting untuk orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s