Perbandingan

Perbandingan

Hal ini gak pernah lepas dari hidup gue. Selalu melihat suatu hal kemudian dibandingkan dengan suatu hal yang lainnya. Kategori pembandingnya bisa relevan, bisa juga gak apple-to-apple, tapi tetep aja gue bandingkan.
Membandingkan kerjaan yang lama dengan yang baru. Membandingkan Pondok Indah dengan Sudirman. Bahkan membandingkan nasib sendiri dengan nasib orang lain.
Sampai akhirnya gue selalu membandingkan seseorang yang baru dengan seseorang dari masa lalu, yang sampai Lebaran kemaren masih gak ada tandingannya.
Kita sebut aja si masa lalu itu, Senja. Setiap ada orang yang deket sama gue, selalu gue benchmark dengan Senja. Dan menurut penilaian gue, Senja tetep jadi nomor wahid di top of mind gue. Sampai tiba-tiba ada orang baru yang datang, sebut aja Fajar. Komunikasi dengan Fajar hampir setiap hari bikin gue ngerasa deket dengan dia, dan kembali gue bandingkan dia dengan Senja. Kali ini, Senja kalah, hampir di semua kategori pembanding. Tapi hal itu gak bertahan lama. Gue kecewa dengan Fajar. Sakit hati? Ya, jelas. Tapi ada hal lebih parah yang pernah gue rasain waktu dengan Senja itu. Gue gak tau faktor apa yang bikin gue tetep menempatkan Senja di posisi 1 dari semua yang pernah datang. Mungkin karena dulu dia adalah orang yang pernah bikin gue nangis berhari-hari (tanpa dia tau) tapi sekarang dia bisa bikin gue ketawa hampir setiap waktu (tanpa dia tau).
Gue gak tau apa bakal ada orang lain yang secara permanen menggeser Senja dari posisi pertama, atau justru malah Senja yang mengikrarkan diri untuk selamanya.

One thought on “Perbandingan

  1. Update dari cerita ini:
    Fajar sudah menikah, tak lama setelah gue posting cerita di atas.
    Senja akhirnya menikah juga, bukan dengan gue. Dengan seseorang yang belum pernah gue kenal sebelumnya. Senja bahkan sudah punya baby sekarang.
    Gue, hmm.. gue.. yaaa pastinya udah berhasil move on dan menikah dengan pangeran dari Medan yang luar biasa nikmat dipandang!

Leave a Reply

